Kiat Mudah Mencegah Laptop Anda Tidak Mengalami Overheat

Mengapa Laptop Overheat Atau Panas Berlebihan – Dalam bermain laptop seringkali terjadi mengalami panas berlebihan atau bahasa kerennya overheat yang biasanya terjadi karena pemakaian yayang terlalu lama.Yang jarang diketahui oleh pengguna laptop juga biasanya karena baterai sudah penuh namun masih saja tetap di charge ini tentu saja membuat pengisian menjadi berlebihan dan akan membuat laptop anda menjadi panas.

Baca juga : Penyebab Laptop Mati Sendiri Dan Cara Mengatasinya

Selain itu masalah ini juga sering terjadi karena tipe komponen laptop itu sendiri yang tidak kuat menahan beban atau memori yang diperlukan sehingga akan memberatkan kerja processor sehingga berdampak pada overheat yang biasanya terjadi.Bahkan ada yang sampai overheat berlebih yang membuat laptop bisa meledak.Tentunya kejadian ini membuat pengguna laptop khawatir.Berikut ini kiat mudah mencegah agar laptop anda tidak mengalami overheat.

  1. Bersihkan sistem ventilasi atau pembuangan udara pada laptop dengan kompresor.Baca juga : Tips Membersihkan Fan Laptop Agar Bekerja Optimal
  2. Hindari meletakkan laptop di atas selimut, kain wool atau permukaan lembut lainnya yang dapat menghalangi angin dan pertukaran udara.
  3. Matikan laptop sebelum memasukkannya didalam tas.jangan meletakkan laptop yang sedang beroperasi di tempat yang sempit, ini bisa meningkatkan panas.
  4. Selalu letakkan laptop di permukaan yang keras dan rata.
  5. Install software monitoring seperti speedfan, yang memungkinkan anda untuk mengawasi dan memantau suhu prosesor, hard drive dan komponen lainnya.
  6. Atur setting power untuk mencegah panas berlebi pada komponen seperti layar dan hardrive.
  7. Turunkan power secepatnya jika memang tidak dibutuhkan.
  8. Anda juga bisa menggunakan pendingin laptop tambahan seperti kipas yang dapat mencegah panas berlebih.
  9. Jika laptop anda masih berpotensi mengalami overheat dan masih dalam masa garansi,jangan ragu  untuk melaporkan keluhan anda tersebut.
  10. Jika Anda berencana membeli laptop baru teliti terlebih dahulu dengan seksama.Cari informasi tentang laptop model dan merk apa yang sering overheat sehingga anda tidak menyesal di kemudian hari.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan bisa dipergunakan sebaik-baiknya.

 

You may also like...

4 Responses

  1. Denny Riyadi says:

    kira kira overheat itu apakah juga bisa di sebabkan karena aplikasi yang kita buka itu berukuran besar..?

  2. Dobez says:

    wah musti rajin di bersihin lagi laptop bututnya ini…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

JANGAN LEWATKAN!
Daftar Newsletter Kami
Dapatkan tutorial-tutorial terbaru tentang pemrograman, dll langsung melalui Email anda
Daftar
Cobalah, anda bisa berhenti berlangganan kapan saja.
error: Konten Dilindungi Hak Cipta!