Lebih dari 1 Juta Akun Google Di Hack Oleh ‘Gooligan’ Android Malware

Lebih dari 1 Juta Akun Google Di Hack Oleh ‘Gooligan’ Android Malware

Jika Anda memiliki sebuah smartphone Android, Waspadalah! Sebuah malware Android baru yang telah melanggar lebih dari 1 juta akun Google menginfeksi sekitar 13.000 perangkat setiap hari.

Dijuluki Gooligan, akar malware rentan perangkat Android untuk mencuri alamat email dan token otentikasi yang tersimpan di dalamnya.

Dengan informasi ini, para penyerang dapat membajak akun Google Anda dan mengakses informasi sensitif Anda dari Google apps termasuk Gmail, Foto Google, Google Docs, Google Play, Google Drive, dan G Suite.

Menurut Checkpoint, siapa pun yang menjalankan versi lama dari sistem operasi Android, termasuk Android 4.x (Jelly Bean, KitKat) dan 5.x, (Lollipop) adalah yang paling berisiko, yang mewakili hampir 74 % dari perangkat Android yang digunakan saat ini.

Setelah kembali ke setiap perangkat Android, Gooligan juga menghasilkan pendapatan bagi penjahat cyber dengan curang membeli dan memasang aplikasi dari Google Play Store dan rating mereka dan menulis ulasan atas nama pemilik telepon. malware juga menginstal adware untuk menghasilkan pendapatan.

Bagaimana memeriksa apakah akun Google Anda telah disusupi dengan malware ini?

Check Point telah menerbitkan sebuah tool online untuk memeriksa apakah perangkat Android Anda yang telah terinfeksi dengan malware Gooligan. Cukup buka ‘Gooligan Checker’ dan masukkan alamat email Google Anda untuk mengetahui apakah Anda telah di-hack.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

JANGAN LEWATKAN!
Daftar Newsletter Kami
Dapatkan tutorial-tutorial terbaru tentang pemrograman, dll langsung melalui Email anda
Daftar
Cobalah, anda bisa berhenti berlangganan kapan saja.
error: Konten Dilindungi Hak Cipta!